Just Learning and Doing

Just Learning and Doing

Warung Internet (Warnet) – 2

with 3 comments

Kali ini saya akan membahas tentang topologi jaringan warnet.

Ya, saya pernah belajar tentang topologi jaringan waktu ambil CCNA 1 saat kuliah (sebagai pengingat saja, saya dapat C untuk matakuliah itu), yaitu :

Topologi Jaringan

Topologi jaringan yang digunakan untuk warnet adalah : Topologi Star. Gak percaya ? ya sudah, coba aja pake jenis yang laen. Kalo saya sih pake Topologi Star, kenapa? baca aja disini, kepanjangan kalo ngejelasin, kalo kurang puas bisa liat juga disini.

Intinya sih ya, kalo misalkan ada komputer yang bermasalah atau jaringannya putus, maka komputer yang laen tetap bisa Online, kecuali kalo switch/hub nya yang rusak atau dari ISP nya yang bermasalah, tentu saja semuanya ga bisa online.

Rangkaian jaringannya, menurut teman saya yang punya pengalaman bikin warnet dan juga dari web guntingbatukertas, mereka mengusulkan seperti demikian :

[INTERNET]——[MODEM ADSL]——[ROUTER MIKROTIK]——[SWITCH]———[CLIENT]

Menurut saya sih masuk akal juga.

Bagaimana menurut anda? apakah ada usulan lain?

nb : buat anda yang ketinggalan dengan postingan sebelumnya bisa dilihat disini.

About these ads

Written by seoulaja

April 12, 2010 at 9:48 pm

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. [...] leave a comment » Bagi anda yang ketinggalan postingan sebelumnya, supaya alur kita sama, silahkan baca dulu bagian mukadimah, warnet – 1, dan warnet – 2. [...]

  2. maaf bang ikut nimprung mau nanya nih,aku bli Rb750 tpi g bsa nyetingnya ada yg mau bantu aku buat nyeting mulai dari awl smpai akhr.intrnet yg sya pakai hospotan ip addres 192.168.100.6 trus Gatway 192.168.100.1 tlngin aku dong.stu per stu dri awl, k email aja ya bang .sblmnya trim

    obig

    October 14, 2010 at 6:48 pm

  3. maaf boos mohon bantuannya,aku bli Rb750 tpi g bsa nyetingnya dengan 2 speedy tolong di bantu buat nyeting mulai dari awl smpai akhr.intrnet juga ada hot spot tapi masih rencan karena jauh dari peradaban jadi cuman wacana mohon bantuannya .stu per stu dri awl, k email aja ya bos .sblmnya trim

    anang

    October 29, 2010 at 10:12 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: